Kami akan memberikan 8 Tips untuk kalian yang mau masuk di perguruan tinggi lewat jalur ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Jadi, secara garis besar kalau kalian mau masuk di perguruan tinggi nih dari temen-temen SMA SMK atau sederajat pengen masuk di perguruan tinggi harus melalui beberapa jalur. Nah, ada SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Jalur UTBK adalah salah satu jalur tes yang pesertanya itu banyak banget, maka dari itu kami akan memberikan beberapa tips untuk kalian, biar dari awal saat ingin mendaftar, nggak akhirnya besok kalian bisa tes dengan lancar itu bagaimana.

PTS Terbaik Sumatera

Berikut 8 Tips agar sukses masuk perguruan tinggi terbaik.

1. Tentukan jurusan yang kalian inginkan

Jurusan yang kalian inginkan harus disesuaikan dengan passion. Passion itu adalah ketertarikan kalian terhadap suatu hal. Jadi, kan banyak nih ya akhir-akhir ini banyak orang yang memilih jurusan itu berdasarkan kemampuan. Kadang orang mikir kan sekarang nilai UTBK itu keluar dulu baru kalian daftar, kadang orang itu nyari aman yang penting aku masuklah, JANGAN!. Yang paling penting adalah jurusannya. Jadi kalau boleh dikatakan, Jurusan dengan Universitas itu kalian harus prioritaskan jurusannya dulu, kalau kalian suka buat video dan sebagainya ya ambillan jurusan komunikasi, kalian suka gambar dan sebagainya ambillah DKV, kalau kalian emang suka merencanakan sesuatu ruang yang besar kalian ambil PWK atau kalian pengem membangun rumah dan kalian suka banget dengan arsitektur ambillah arsitektur.
Jangan memilih jurusan hanya karena ah yang penting kuliah, ah yang penting aku nggak di ejek sama temen karena nggak kuliah. JANGAN!. Karena nanti kamu bakal nyesel sendiri. Jadi yang pertama adalah menentukan jurusan sesuai dengan passion kamu.

2. Pilih Jurusan dulu, baru Universitas.

Jadi kadang orang suka menggadang-gadang, wah Universitas gw paling bagus, wah Universitas A ini paling bagus, Universitas B itu dibawahnya. Ya itu hanya sebatas Ranking, yang terpenting adalah diri kalian sendiri. Kalau kamu emang punya passion untuk menekuni ilmu di bidang itu, kalau kamu niat untuk belajar, ya Aku bakal menjadi ahli di bidang itu. Jadi tempat di mana kalian belajar itu tidak menjamin 100% kalian akan sukses. Percuma kalau kamu lulusan UI, UGM, ITB, kalau kamu tidak bisa yang namanya mengimplementasikan ilmu atau kamu masuk ya sebatas gengsi doang gitu. Jadi yang paling penting adalah utamakan jurusannya baru universitasnya. Karena mutiara akan tetap menjadi mutiara walaupun di tempat mana pun.

3. Belajar efektif dan terjadwal

Tips untuk kalian belajar ya kalau saranku sih kalian belajar 1 hari itu 1 mata pelajaran, kalian jadwalkan dan ketika hari selanjutnya kalian ganti mata pelajarannya lain atau kalian bisa juga rubah 3 hari sekali atau 1 minggu sekali yang penting kalian fokus, kalau dalam satu waktu kalian mengerjakan beberapa soal atau kalian mengerjakan beberapa mata pelajaran, kita akan pusing. Manusia itu hanya bisa multitasking, manusia nggak bisa multifocus, dalam artian kita nggak bisa sekarang mikir matematika, tiba-tiba nanti kita mikir bahasa Indonesia dalam waktu yang sama, tidak bisa!. Kita harus fokus hingga akhirnya kalian bisa menguasai satu persatu.

4. Lakukan latihan mengerjakan soal

Kemudian saranku selanjutnya adalah kuasai 1 bab dulu baru kalian latihan soal dengan bab yang sama. Kami sarankan setiap minggu atau setiap bulan, kalian adakan tryout pribadi dengan mengerjakan kumpulan-kumpulan soal yang terdiri dari berbagai mata pelajaran.

 

5. Belajar bersama dengan teman

Ketika kalian punya teman, jangan hanya dimanfaatkan untuk minjem duit atau hal-hal yang bersifat konsumtif tapi manfaatkanlah teman itu untuk belajar bareng. Jauhi lingkungan-lingkungan toxic, dekati lingkungan-lingkungan yang positif untuk mendorong kalian untuk masuk di perguruan tinggi.
Ya, pilih-pilih teman itu kadang kala perlu. Untuk kali ini aja ketika kalian mau masuk di perguruan tinggi, ya fokus sama temen-temennya emang support sama kalian, jangan dikit-dikit main ML, dikit-dikit main PUBG, jadi harus fokus karena masa depan itu kalian yang menentukan.

Anda mau milih berjuang bareng dengan teman-teman yang sekarang mau masuk perguruan tinggi baru setelahnya senang dengan hasil kalian diterima di universitas yang kalian impikan atau kalian bersenang-senang dulu setelah itu menangis karena kalian tidak diterima. Buatlah kompetensi kecil-kecilan lah ya. Siapa yang menang, siapa yang menang gitu ya, itu untuk membiasakan kalian untuk situasi kompetisi, karena saingan kalian itu bukan cuma temen-temen kalian tapi ratusan ribu orang ingin masuk di Universitas atau bahkan ribuan orang sedang memperebutkan satu kursi di jurusan yang kalian impikan. Jadi bukalah mata kalian, saingan kalian itu nggak cuma teman satu kelas, teman satu sekolah, tapi satu Indonesia.

6. Update informasi dari penyelenggara tes

Dalam hal ini kita flashback ke beberapa tahun sebelumnya, tahun 2018 hanya ada SBMPTN dan itu satu kali tes saja. Kemudian ada UTBK di tahun 2019 dengan dua kali tes dan nilainya udah kelihatan dulu baru kalian daftar, hingga akhirnya di tahun 2020 kalian hanya ada satu kali tes saja. Jadi kalian harus selalu update tentang informasi-informasi seperti ini, jangan sampai salah informasi.

7. Jaga Kesehatan Jasmani dan Mental

Jaga kesehatan kalian bukan hanya kesehatan jasmani tapi juga kesehatan mental kalian. Karena semakin dekat dengan ujian biasanya orang-orang pada stress. Semakin dekat dengan waktu tes, kami merekomendasikan ketika H-1 kalian nggak usah belajar. H-1 dan hari H kalian nggak usah belajar, loh, kok nggak usah belajar? kenapa?, kalau kalian belajar H-1 dan kalian nggak tidur sampai pagi, alhasil ketika nanti kalian tes kalian sudah nggak fit dan itu juga memicu stres juga, pada akhirnya kalian mengerjakan soal itu tidak maksimal. Perbanyak istirahat, kerjakan tes dengan baik, tinggal tunggu hasil pengumuman.

8. Berdoa sebelum mengerjakan tes

Yang terakhir adalah kalian jangan lupa berdoa. Di sisi lain ketika kalian terus-terusan berusaha tanpa diiringi doa ya sama saja kalian sombong. Tapi kalau kalian kebanyakan doa tapi nggak ada usaha ya gimana gitu, jadi hidup harus balance dan semangat untuk kalian semuanya, kalian pasti bisa untuk lolos di perguruan tinggi.

Sekian tips sukses masuk perguruan tinggi terbaik versi kami, semoga kalian berhasil dan sukses masuk perguruan tinggi terbaik yang kalian inginkan.

Welcome to Staff.ipb.ac.id. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!